Jumat, 28 Oktober 2011

QUIZ PTI 1

Quiz I yax inilah soal-soalnya akan aku jawab dengan bahasa ku sendiri bissmilah

I.            Jelaskan apa yang anda ketahui tentang teknologi Input/Output
1.      DVORAK, QWERTY
2.      OCR, DMR, OpScan
3.      OMR
4.      MICR
5.      RFID
6.      ASR
7.      CCD
8.      CGA, EGA, VGA, XGA, SXGA, UXGA
9.      Omnidirecional, Unidirectional, Noise Canceling, Echo Canceling
10.  THX, DDS, Dts
11.  Pasive Matrix dan Active Matrix
12.  Dotmatrix, bubblejet, deskjet, impact, ink-jet, laser
13.  LCD, EL, Plasma, CRT

II.            Jelaskan apa yang anda pahami tentang teknologi prossesor :
1.      SSE, SSE2, SSE3
2.      3DNow!
3.      NXbit
4.      PowerNow!
5.      Cool’n’Quiet
6.      Hyper-Threading
7.      Dual-Core
8.      SpeedStep
9.      Hyper Transport
10.  MMX

III.            Jelaskan type BUS pada Personal Computer  di bawah ini
1.      ISA
2.      EISA
3.      VL-BUS
4.      PCI
5.      AGP
6.      FireWire
7.      USB
8.      PCI- Express
IV.            Jelaskan teknologi Komputer
1.         Komputasi awan
2.         Computer Hijau
3.         Komputasi Kuantum
4.         Komputasi Optik
5.         Komputasi DNA
6.         Komputasi pararel
7.         Komputasi Vektor

V.            Jelaskan teknologi port I/O dibawah ini
1.            COM
2.            Pararel
3.            USB
4.            SCSI
5.            Infrared
6.            Serial
7.            HDMI
8.            1394

VI.         Apa yang anda pahami tentang teknologi slot expansion
1.         VGA Card
2.         Sound Card
3.         Lan Card
4.         Multimedia Card
5.         TV Card
6.         FM Card
7.         Game Card
8.         Modem Card



 Jawaban aku apa adanya tapi sesuai dari sumbernya :


I.   TEKNOLOGI INPUT/OUTPUT

  1. DVORAK adalah jenis penempatan pada  tata letak papan ketik keyboard yang di patenkan oleh August Dvorak (seorang Profesor dan pisikolog pendidikan di University of Washington di seattle) dan William Dealey. Sumber  id.m.wikipedia.org/wiki/DvoraK. QWERTY adalah jenis penempatan atau tata letak pada keyboard pertama kali digunakan pada mesin tik buatan E. Remington pada tahun 1874. Dinamkan Q, W, E, R, T dan Y secara berurutan terletak di dalam baris huruf paling atas dari papan ketik ini ( jenis keyboard yang paling banyak digunakan pada masa sekarang ini). Sumber id.m.wikipedia.org/wiki/QWERTY
  2. OCR (Optical Character Recognition), metoda pembacaan data oleh scanner optic dan menterjemahkan data tersebut ke dalam bentuk data biner yang dapat dibaca. DMR (Digital Mark Reader) ialah aplikasi yang memungkinkan penggunaan scanner dokumen untuk pemeriksaan form ujian, kuesioner dan entri data dengan teknologi pengenalan tanda. DMR terdiri atas dua aplikasi: DMR Editor (untuk membuat LJK) dan DMR Extractor (untuk memproses LJK). Untuk memeriksa hasil ujian yang berbentuk pilihan ganda, pada tahun 2002/2003 departemen Teknik Informatika terus melakukan riset dan penelitian pengembangan DMR yang lebih inovatif sehingga menjadikan DMR sebagai pemimpin pasar dalam teknlogi pemeriksaan hasil ujian yang tepat dan akurat serta dengan harga yang terjangkau. , OpScan ialah perangkat scaner  yang sering di gunakan untuk pemeriksaan hasil ujian d sekolah-sekolah maupun untuk penerimaan mahasiswa baru. Hasil yang di dapatkan opscan dengan akurasi yang sangat tinggi menjadikan opscan sebagai perangkat yang populer di kalangan dunia pendidikan. Sumber kamus komputer dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung, www.digitalmarkerreader.com, google search (Opscan).
  3. OMR (Optical Mark Reader) ialah pembaca lembaran  kertas yang telah diberi tanda, tanda biasanya dilakukan dengan pensil yang ketebalannya cukup, misalnya pensil B2/2B. Kertas yang dipakai harus mempunyai kualitas tertentu, yaitu liat dan tidak mudah sobek, selain itu harus cukup halus supaya dapat melewati alat pembaca. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  4. MICR (Magnetic Ink Recognition) ialah prinanti masukan dengan menggunakan prinsip megnitis, alat ini membaca tulisan yang ditulis dengan tinta khusus, yaitu tinta magnetis. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  5. RFID ( Radio Frequency Identification) / Identifikasi Frekuensi Radio ialah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh.
  6. ASR (Autmatic Send and Receive) ialah sebuah proses pengiriman data dari keyboard ke printer. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  7. CCD (Charge Coupled Device)ialah suatu alat pencitraan untuk menkonvrensikan cahaya menjadi arus elektrik yang proporsional (analog). Sebuah CCD memiliki lapisan filter yang membagi spectrum warna menjadi warna merah, hijau, biru agar bisa diproses secara digital oleh kamera. Ada dua jenis CCD, yaitu rangkaian linier yang digunakan dalam scanner datar, alat pengcopy digital dan Scanner Grapic Arts; serta rangkaian datar yang dipakai dalam camcorders, kamera video tidak bergerak, kamera-kamera digital dan high performance. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  8. CGA (Color  Grapich Adapter) ialah jenis moitor dengan resolusi rendah dan hanya mampu mengkombinasikan dari 4 bit (suatu bit mewakili satu warna dasar) dalam modus grafik. Jadi total warna kombinasi yang dihasilkan dan nilai empat bit tersebut adalah 16 warna. EGA (Enhanced Graphic Adapter) merupakan pembangkit grafik untuk monitor, yang diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1984, sesaat setelah dikeluarkan system IBM AT. Dengan menggunakan EGA ini, IBM color monitor dapat menampilkan 16 warna dalam pixel berukuran 320x200 atau 640x200 dan seterusnya tergantung pada APA (All point addressable graphics). EGA ini tidak dilanjutkan lagi ketika PS/2 dikerluarkan pada bulan April 1987.  VGA (Video Graphic Adapter) istilah untuk menyebut monitor computer dan digital still camera. Kamera digital dengan resolusi 640x480 disebut VGA atau VGA-class, Kamera 640x480 memiliki aspek rasio 4 : 3 (1,3) yang sesuai dengan aspek rasio video NTSC. XGA (X Graphic Adapter) ialah kemampuan computer dalam format 1024x768 pixel dan memiliki aspek rasio 4 : 3 (1,3) yang cocok dengan aspek rasio video NTSC. Pada kamera digital, XGA adalah kamera yang bisa menangkap citra pada resolusi 1024x768 pixel. Kamera digital XGA juga disebut “800” pixel. SXGA (Super X Graphic Adapter) ialah klasifikasi resolusi 1280x960 ukuran yang umum untuk komputer, tetapi tidak umum dipakai kamera digital, memiliki aspek rasio  4 : 3 (1,3) yang sesuai dengan aspek rasio  bingkai video NTSC. EFS-1 paling medekati SXGA dengan resolusi 1280x980 dengan aspek rasio 5 : 4 (1,25). UXGA (Ultra X Graphic Adapter) yaitu klasifikasi resolusi yang umum, 1600x1200 sering dipakai setting monitor umum dan juga dipakai untuk kamera digital, memiliki rasio 4 : 3 (1,3) yang cocok dengan bingkai apek rasio video NTSC, 2 Mega Pixel. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  9. Omnidirecional ialah jenis mikropon yang dapat merekam suara dari semua arah, Unidirectional ialah suatu jenis mikropon yang hanya menyerap suara dari satu arah dan tidak sensitive terhadap suara-suara tang ada di sekeliling lainnya, Noise Canceling ialah mikropon yang dapat menghilangkan gangguan suara pada latar belakang, Echo Canceling ialah mikropon yang dapat menghilangkan gema atau umpan balik yang muncul antara mikropon dengan pembicara. Sumber google search (Omnidirecional, Unidirectional, Noise Canceling, Echo Canceling)
  10. THX ialah nama dari high-fidelity audio / visual untuk reproduksi standar bioskop, kamar skrining, teater rumah, speaker komputer, konsol game, dan sistem audio mobil. THX saat ini diciptakan pada tahun 2001 ketika itu berputar off dari Lucasfilm Ltd THX dikembangkan oleh Tomlinson Holman di perusahaan George Lucas, Lucasfilm, pada tahun 1983 untuk memastikan bahwa soundtrack untuk film ketiga Wars Star, Star Wars Episode VI: Return of the Jedi, akan akurat direproduksi di tempat terbaik. THX bernama setelah Holman, dengan berdiri "X" untuk "crossover" [1] serta penghormatan kepada film pertama Lucas, THX 1138. Para crescendo khas digunakan dalam trailer THX, diciptakan oleh Holman itu rekan kerja James A.Mooler dikenal dengan “catatan jauh”. Sistem THX bukanlah teknologi rekaman, dan itu tidak menentukan format rekaman suara: ". Ditampilkan dalam THX" semua format suara, apakah digital (Dolby Digital, SDDS) atau analog (Dolby Stereo, Ultra-Stereo), dapat THX terutama sistem jaminan kualitas. THX bersertifikat teater menyediakan berkualitas tinggi, lingkungan pemutaran diprediksi untuk memastikan bahwa setiap soundtrack film dicampur dalam THX akan terdengar sedekat mungkin dengan niat insinyur pencampuran. THX juga menyediakan teater bersertifikat dengan sirkuit crossover yang khusus yang penggunaannya bagian dari standar. Sertifikasi auditorium memerlukan akustik yang spesifik dan persyaratan teknis lainnya; persyaratan arsitektur termasuk lantai mengambang, dinding bingung dan akustik diobati, tidak ada dinding paralel (untuk mengurangi gelombang berdiri), layar berlubang (untuk memungkinkan kontinuitas saluran pusat), dan NC30 rating untuk kebisingan latar belakang. Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/THX , DDS (Digital Data Storage) adalah format untuk menyimpan komputer data yang pada Digital Audio Tape (DAT). DDS menggunakan pita dengan lebar 3.8mm, dengan pengecualian format terbaru, DAT 160 dan DAT 320, yang 8mm lebar. Awalnya, rekaman itu 60 atau 90 meter panjang, meskipun kemajuan dalam teknologi material telah memungkinkan panjang akan meningkat secara signifikan dalam versi yang berurutan. Sebuah tape drive DDS menggunakan pemindaian heliks untuk merekam, proses yang sama digunakan oleh perekam kaset video (VCR). Jika kesalahan yang hadir, menulis kepala menulis ulang data Tape drive harus dibersihkan secara teratur untuk disimpan dalam keadaan baik. Kompatibilitas antara drive baru dan kaset tua tidak terjamin. Lihat matriks kompatibilitas HP: Matrix Kompatibilitas Perhatikan dalam artikel HP yang standar rekaman baru tidak hanya terdiri dari kaset lagi. Sebagai contoh, trek sempit di DDS2 daripada di DDS1. Format DDS terutama bersaing melawan LTO , AIT , VXA ,dan Travan format.                                                                                                  Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Digital_Data_Storage , Dts (Digital Theater Systems)/ system suara ialah serangkaian multichannel audio teknologi yang dimiliki oleh DTS, Inc ( NASDAQ : DTSi , sebelumnya dikenal sebagai Digital Theater Systems, Inc), sebuah perusahaan Amerika yang mengkhususkan diri dalam digital surround format yang digunakan untuk kedua aplikasi kelas komersial / teater dan konsumen. Ini dikenal sebagai The Digital Pengalaman sampai 1995. Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/DTS_(sound_system).
  11. Pasive Matrix ialah menangani skema pengalamatan yang digunakan di awal LCD display, dan dapat digunakan dalam display LCD masa depan. Ini adalah matriks skema pengalamatan yang berarti bahwa hanya m + n sinyal kontrol yang diperlukan untuk mengatasi m × n layar. Sebuah piksel dalam matriks pasif harus mempertahankan negara tanpa sirkuit mengemudi aktif sampai dapat disegarkan kembali. Sebuah teknologi layar baru menggunakan pixel bi-stabil, yang mempertahankan negara nya tanpa batas tanpa perlu untuk elemen transistor individu pada setiap pixel. sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Passive_matrix_addressing. , Active Matrix adalah jenis skema pengalamatan yang digunakan dalam display panel datar . Istilah ini menggambarkan sebuah metode switching elemen individual sebuah panel layar datar , menggunakan CdSe atau Siliconberbasis thin-film transistor (TFT) untuk setiap pixel . Teknologi ini diciptakan dan pertama kali ditunjukkan oleh Peter T Brody dan Thin-Film nya Perangkat departemen di Westinghouse Electric Corporation pada tahun 1968, dan istilah ini diperkenalkan ke literatur pada tahun 1975.  Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Active_matrix
  12. Dotmatrix ialah matrix titik. Suatu teknologi pencetakan yang menggunakan titik sebagai pembentuk citra. Bubblejet ialah suatu jenis printer dari Canon yang teknologi gelembung pada pencetakan menggunakan metode gelembung di printer , Deskjet ialah sebuah nama merek untuk printer inkjet dimana printer inimenggunakan kartrid cetak swappable yang disimpan di dalam printer agar tidak mengering, Impact ialah metode pencetakan dengan menggunakan palu kecil, yang menghantam suatu roda yang dapet digerakan atau sebuah silinder, yang mempunyai huruf timbul dan diberi karbon yang mengantam kertas. Ink-jet ialah alternative printer selain printer laser. Printer ini murah, text serta citra dicetak dengan titik-titik tinta yang disemburkan. Printer ink-jet berwarna bisa dipakai untuk berbagai ukuran media cetak dan resolusi output yang berbeda-beda. Laser (Light Amplification from Stimulatated Emission of Radiation) ialah sinar ini mempunyai sifat koheren, yaitu mempunyai satu frekuensi dan fase, yang dapat difokuskan seteliti mungkin. Sifat ini berlawanan dengan sinar biasa. Karena sifatnya itulah maka sinar laser dapat mencapai tujuannya dengan tepat. Kekuatan sinar laser ini diatur sesuai keperluannya. Pencetak ini penulisannya menggunakan sinar laser, sehingga kecepatan kerjanya cukup tinggi, dapat mencapai 10.000 cps, sekaligus dengan resolusi yang cukup halus. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  13. LCD (Liquid Crystal Display) ialah teknologi digital monitor yang menggunakan cairan, suatu panel datar yang terdiri dari sel-sel kecil yang digunakan untuk komputer notebook, laptop dan kamera-kamera digital untuk menampilkan informasi citra. EL (Electroluminescence) suatu fenomena optik dan fenomena listrik di mana material memancarkan cahaya dalam menanggapi bagian dari sebuaharus listrik atau kuat medan listrik . Ini berbeda dari tubuh hitam emisi cahaya yang dihasilkan dari panas ( lampu pijar ), dari reaksi kimia (chemiluminescence ), suara ( sonoluminescence ), atau tindakan mekanis lainnya ( mechanoluminescence). http://en.wikipedia.org/wiki/Electroluminescence, Plasma ialah teknologi Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri tetapi menggunakan sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon). Campuran gas ini sulit bereaksi dan sama sekali tidak berbahaya. Kemudian cara kerja dari monitor plasma gas yaitu dengan menggunakan cahaya yang dipancarkan dari pelepasan Plasma. Untuk menghasilkan hal tersebut di lakukan penyekatan dari sebuah pencampuran gas diantara dua lembar kaca yang membawa elektroda pada interiornya. Selanjutnya diaplikasikan fosfor R,G dan B pada permukaan plat tadi ketika voltase listrik dilewatkan diantara elektroda, maka dihasilkan sinar ultraviolet yang merangsang fosfor untuk memancarkan cahaya dan menciptakan gambar di layar. Sumber http://a-s-a-t.blogspot.com/2011/01/cara-kerja-monitor-plasma-gas.html , CRT (Chatode Ray Tube) ialah tabung sinar katode (layar monitor) difokuskan sinar electron sehingga membentuk pola gambar berwarna dan dipakai sebagai layar pada video player. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.


II.  TEKNOLOGI PROSSESOR

  1. SSE (Streaming SIMD Extensions) ialah instruksi SIMD set ekstensi untuk arsitektur x86, yang dirancang oleh Intel dan diperkenalkan pada tahun 1999. Instruksi SIMD dapat sangat meningkatkan kinerja tepatnya operasi yang sama harus dilakukan pada beberapa objek data. Aplikasi yang umum adalah pemrosesan sinyal digital dan pengolahan grafis. SSE2, Streaming SIMD Extensions 2, adalah salah satu dari SIMD Intel (Instruksi Single, dataBerganda) prosesor instruksi tambahan set pertama diperkenalkan oleh Intel dengan versi awalPentium 4 pada tahun 2001. SSE3 ialah perubahan dari SSE2 dan mempunyai  13 instruksi lebih banyak dari pada SSE2.
  2. 3DNow ialah Professional merupakan set instruksi yang memperluas dukungan multimedia yang terdapat dalam chip-chip buatan AMD yang melebihi MMX (set intruksi dari intel). Hal ini mengizinkan kinerja yang lebih baik dalam memproses grafik tiga dimensi,multimedia, dan aplikasi yang bersifat intensif terhadap floating-point.
  3. Nxbit ialah teknologi yang digunakan dalam CPU untuk memisahkan daerah memoriuntuk digunakan dengan baik penyimpanan instruksi prosesor (atau kode) atau untuk penyimpanandata-data.
  4. PowerNow! ialah teknologi dari AMD yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan kierja processor untuk menghemat energi. Penurunan kecepatan kerja prosesor ini terjadi ketika dalam kondisi idle atau loading load kecil.Selain itu, umur processor juga akan meningkat karena berkurangnya proses electro migration (pemanasan CPU/Processor) yang bervariasi secara eksponen berdasar temperatur (suhu)
  5. Cool’n’Quiet  ialah teknologi yang digunakan oleh AMD untuk mengurangai kecepatan kerja prosesor dalam upaya untuk menghemat energi (power) listrik. Teknologi ini biasanya diterapkan pada prosesor desktop. Oleh AMD, diaplikasikan pertama kali pada prosesor keluarga Athlon 64.
  6. Hyper-Threading ialah teknologi yang berasal dari intel. teknologi ini berfungsiuntuk meningkatkan kinerja prosesor.  Tetapi dengan cara memberikan perintah pada software untuk membelah diri menjadi beberapa thread.Sehingga sumber daya prosesor menjadi lebih efisien.
  7. Dual-Core ialah Sebuah prosesor dual-core adalah CPU dengan dua prosesor atau dua kali operasi. Setiap prosesor memiliki cache sendiri dan controller, yang memungkinkan untuk bekerja secara efisien sebagai prosesor tunggal. Namun, karena dua prosesor dihubungkan bersama-sama, mereka dapat melakukan operasi hingga dua kali secepat prosesor tunggal .
  8. SpeedStep ialah teknologi yang memungkinkan sebuah prosesor dapat diubah clock speed-nya menjadi lebih rendah dari clock speed aslinya. Pengubahan besarnya clock speed ini bisa dilakukan dengan menggunakan software. Teknoligi ini merupakan teknologi dari intel namun tidak semua produk intel memliki teknologi ini.
  9. Hyper Transport ialah saluran komunikasi dua arah (bidirectional) . artinya bila kita mengiri sesuatu bisa melewati 2 jalur dan datanya pun 2 kali lebih cepat.
  10. MMX ialah mikroprosesor Pentium dari Intel yang dirancang untuk berjalan lebih cepatketika bermain aplikasi multimedia. Sumber www.google.com


III. TYPE BUS PADA PERSONAL COMPUTER


  1. ISA (Idustry Standard Architecture) ialah bus generasi lama yang memiliki kecepatan rendah. Lebar bus ini 8 atau 16 bit, kecepatan transfer bus ISA adalah 8 megabit/detik. Biasa digunakan untuk mouse dan kartu jaringan berkecepatan rendah. Sumber google search ( ISA )
  2. EISA (Extended Industry Standard Architecture) ialah type bus yang dikembangkan oleh Compaq dan diumumkan pada tahun 1988. Bus ini menyediakan slot 32 bit. Sumber google search ( EISA )
  3. VL-BUS (VESA Local Bus) ialah type bus yang dibuat oleh VESA .Bus ini dapat memindahkan 32 bit data per waktu. Memiliki kecepatan antara 128 megabit/detik sampai dengan 132 megabit/detik. Tidak lagi dugunakan karena bergantung pada prosesor 486. Sumber google search ( VL-BUS )
  4. PCI (Pheriperal Component Interconnect) ialah type bus yang biasa digunakan untuk kartu grafik, kartu suara, modem, dan kartu jaringan berkecepatan tinggi. Sumber google search ( PCI )
  5. AGP (Accelerated  Graphics Port) ialah bus yang di rancang untuk mendukung video dan grafik 3 dimensi. Bus ini memiliki kecepatan 2 kali lebih cepat dari bus PCI. Sumber google search ( AGP )
  6. FIREWIRE merupakan teknologi bus yang relative baru. Dibuat sebagai tanggapan atas pemindahan data pada piranti multimedia audio dan video. Sumber google search ( FIREWIRE )
  7. USB (Universal Seriel Bus) ialah type bus yang dipublikasikan pada tahun 1996 oleh konsorsiumantara Compac, digital, IBM, intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom. USB berupa kabel yang memungkinkan koneksi sampai 127 piranti secara sambung menyambung dengan kecepatan transfer data 12 megabit/detik untuk USB 1.0 dan 480 megabit/detik untuk USB 2.0. Sumber google search ( USB )
  8. PCI-Express (Pheriperal Component Interconnect Express) biasa digunakan untuk kartu grafik, kartu suara, modem, dan kartu jaringan berkecepatan lebih tinggi dari PCI, kualitasnya tinggi dan cepat. Sumber google search ( PCI Express )


IV. TEKNOLOGI KOMPUTER

  1. Komputasi awan  ialah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.          http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
  2. Komputer hijau ialah penggunaan komputer bertanggung jawab terhadap lingkungan dan tidak mengganggu keseimbangan alam karena hemat daya . Praktek-praktek tersebut meliputi pelaksanaan hemat energi unit pemrosesan sentral (CPU), intinya adalah ramah lingkungan.
  3. Komputasi optik merupakan salah satu teknologi menggunakan cahaya untuk menghidupkan komputer dalam bahasa teknik dinamakan opto-elektronik. Jadi komputer tidak menerima arus listrik. Cahaya jauh lebih cepat dibandingkan listrik. Jaringan serat optik yang  menggunakan fiber glasssetipis rambut, bukan kawat tembaga, dapat memindahkan informasi 3.000 kali lebih cepat dibanding jaringan konvensional. Meski demikian sinyal optik ini menjadi lemah saat harus diproses oleh chip silicon. Penanggulangannya yaitu menggunakan chip optik yang dapat beroperasi pada bandwith tinggi, sehingga mampu memindahkan film, game dan file multimedia.
  4. Komputasi DNA Arus listrik dapat dihasilkan melalui bioteknologi potensial. Bioteknologi bermanfaat untuk menumbuhkan kultur bakteri yang mampu menghasilkan arus listrik kecil ketika terkena cahaya. Oleh karena itu teknologi ini dapat digunakan untuk merepresentasikan sinyal digital on/off dalam dunia komputasi dan disebut biochip. Secara sederhana sebuah rantai DNA sintetis yang bisa merepresentasikan informasi pada molekul dapat dimanipulasi menggunakan reaksi kimia agar dapat menandai dan memperpanjang rantai DNA. Contoh, sebagai pengganti biner, komputasi DNA memanipulasi empat asam (adenine, sytosine, guanine dan timin) untuk memproses angka dalam jumlah besar dan hal ini bersifat non-digital.
  5. Komputasi Kuantum Pemrosesan yang berbasis mekanika kuantum, yakni teori fisika tentang dunia atom yang tidak beraturan. Bila komputer menyimpan informasi sebagai logika 0 dan 1, maka komputer kuantum menyimpan informasi menggunakan status partikel elemen. Contoh, atom Hidrogen (H) dapat menjadi saklar on/off seperti pada transistor komputer biasa dengan cara memindahkan status energi rendah (off) ke energi tinggi(on).                                                                                http://wahyu_edy.students-blog.undip.ac.id/2009/06/17/komponen-pemroses-masa-depan/
  6. Komputasi DNA ialah suatu bentuk komputasi yang menggunakan DNA, biokimia dan biologi molekuler, daripada teknologi komputer berbasis silikon tradisional. Komputasi DNA lebih umum dikenal sebagai komputasi biomolekuler merupakan perkembangan pesat antara disiplin bidang. http://cintaku.mywapblog.com/apa-itu-komputasi-dna-dna-computing.xhtml
  7. Komputasi Pararel ialah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasus kedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi) dll. http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_paralel
  8. Komputasi Vektor ialah sebuah mesin yang dirancang agar lebih efisien dalam menangani operasi aritmatika pada elemen-elemen pada susunan sistematis objek,yaitu vektor. Teknologi ini sangat berguna bagi komputer yang bergerak di bidang science, dimana matriks dan vektor dibutuhkan. Dari hasil algoritma matematis yang telah diuraikan, dan dideklarasikan dalam pemrograman di komputer, komputasi vector kecepatan aliran fluida yang telah dilakukan  belum dapat dicapai secara langsung (on-line) di sirkuit fluida yang ada. Kendala adalah pengaturan kecepatan aliran fluida yang ditambahkan pembiak itu mengalami  keterbatasan sirkuit, peralatan dan instrumentasi, sehingga gambar lembar aliran dengan sinar laser  direkam dari CCD, dengan TV dan video recorder vhs,  setelah itu dipindahkan ke komputer yang selanjutnya gambar bitmap diolah dengan program. http://www.batan.go.id/ppin/lokakarya/LKSTN_15/M%20Arifin.pdf


V.  TEKNOLOGI KOMPUTER PORT I/O

  1. COM ialah port di komputer yang mentransfer data secara serial, disebut juga serial port. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  2. Pararel ialah susunan sejajar, kabel yang terdiri dari beberapa jalur, beberapa data yang dikirmkan sekaligus melalui jalur yang berbeda ke tempat yang sama.  Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  3. USB (Universal Seriel Bus) ialah berupa kabel yang memungkinkan koneksi sampai 127 piranti secara sambung menyambung dengan kecepatan transfer data 12 megabit/detik untuk USB 1.0 dan 480 megabit/detik untuk USB 2.0. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  4. SCSI (Small Computer System Interface) / interface sistem komputer kecil ialah suatu perlengkapan peripheral untuk menghubungkan peralatan-peralatan ke PC atau MAC. SCSI lebih poluler digunakan pada komputer MAC dan tidak terlalu populer bagi komputer PC. SCSI umumnya dipakai untuk zip drive, scanner berkinerja tinggi, CD burner dan perlengkapan-perlengkapan lain yang memakai bandwidth data tinggi. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  5. Infrared ialah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasigelombang radio. Namanya berarti "bawah merah" (dari bahasa Latin infra, "bawah"), merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga "order" dan memiliki panjang gelombang antara 700  nm dan 1 mm. http://id.wikipedia.org/wiki/Inframerah
  6. Serial ialah seri, bersambung dan berkelanjutan. System pengiriman data digital, dimana beberapa bit data dikirim sekaligus pada satu saat dengan menggunakan satu jalur. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  7. HDMI (High-Definition Multimedia Interface) ialah salah satu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, saperti set-top box, pemutar DVD atau penerima AV serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV). HDMI mendukung video standar, yang lebih tinggi, ataupun definisi tinggi, ditambah dengan audio digital multi kanal pada kabel tunggal. Sumber http://id.wikipedia.org/wiki/HDMI
  8. 1394 (IEEE 1394) interface antarmuka serial bus standar untuk komunikasi berkecepatan tinggi dan isochronous real-time transfer data, sering digunakan oleh komputer pribadi, serta audio digital, video digital, otomotif, dan aplikasi aeronautika. Antarmuka ini juga dikenal dengan nama merek FireWire (Apple), i.LINK (Sony), dan Lynx (Texas Instruments). IEEE 1394 paralel diganti SCSI di banyak aplikasi, karena biaya implementasi yang lebih rendah dan sistem, kabel disederhanakan lebih mudah beradaptasi. Standar 1394 juga mendefinisikan antarmuka backplane, meskipun hal ini tidak seperti yang banyak digunakan. IEEE 1394 adalah High-Definition Audio-Video Network Alliance (HANA) antarmuka koneksi standar untuk A / V (audio / visual) komponen komunikasi dan kontrol. Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/IEEE_1394


VI. TEKNOLOGI SLOT EXPANSION

  1. VGA Card (Video Graphics Accelerator) berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU(Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.
  2. Sound Card ialah komponen di dalam komputer yang menyediakan audio input dan kemampuan output,
  3. Lan Card ialah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
  4. Multimedia Card ialah kartu memori kecil yang menggunakan memori flash untuk membuat penyimpanan portabel di antara berbagai perangkat, seperti sistem navigasi mobil, telepon selular,eBook, PDA, smartphone, dan kamera digital, pemutar musik, dan video camcorder, dan pribadi komputer
  5. TV Card ialah perangkat komputer yang memungkinkan sinyal televisi diterima oleh computer contohnya TV turner .Sehingga kita bisa menonton tv di PC.
  6. FM Card ialah sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk menangkap sinyal radio agar komputer kita bisa berfungsi sebagai radio Contohnya FM Turner Combo.
  7. Game Card ialah kartu yang digunakan saat bermain digame PC.
  8. Modem Card ialah kartu yang digunakan untuk menghubungkan kita ke internet menggunakan jaringan . Hal ini di rancang untuk bekerja di laptop atau CPU pada PC, sebuah kartu modem dapat di instal di PC prngguna.
 Sumber Google Search (jenis-jenis card slot expansion)


Akhirnya selesai juga semoga jawaban saya memuaskan. terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar